Wednesday, October 12, 2016

Lihatlah Kumpulan Meme Santri Ini! Woww..!

Mufa Media - Membahas tentang kehidupan santri seakan memang tiada habisnya. Selalu ada saja cerita unik nan menarik yang menyertai kehidupan para santri ketika berada di pondok pesantren. Ada suka, ada duka. Ada bahagia, ada pula sedihnya. Begitu pula sisi-sisi unik lainnya. Kisah dan ceritanya seakan bercampur aduk membentuk harmoni yang sangat indah nan menarik khas santri yang tentunya sangat menarik untuk diamati.

Banyak cara dimiliki para santri dalam 'menikmati' kehidupannya di pondok pesantren. Berikut ini Anda dapat melihat beberapa koleksi kumpulan meme yang sengaja penulis kumpulkan dari berbagai sumber. Selamat menikmati.

1. Kenangan Ketika Pertama Kali Mondok

Kumpulan Meme Santri
Kenangan ketika pertama kali mondok
(picture by Ala Santri)
Bagi santri baru yang masih suka nangis sendiri karena selalu dihinggapi rasa sedih bercampur kangen karena jauh dari orang tua tentu gambar meme diatas terasa mak jleb (baca: ngena banget). Alasannya, bagi santri baru kehidupan di rumah ternyata jauh berbeda dengan kehidupan di pondok. Dirumah bisa kumpul keluarga, kumpul sama teman-teman sepermainan. Bisa nonton TV, bisa main HP dan bisa-bisa yang lainnya. Lha, kalo di pondok. Mana mungkin??!...

Nah, bahasa untuk mengungkapkan rasa itu semua adalah....ya nangis itu. Huhu...huhu... Tapi tenang, efek dari rasa itu tidak selamanya kok. Sekedar saran nih ya. Kalian yang menjadi santri baru, harus segera move on agar efek nangis karena kangen dan lain-lain itu tidak berkelanjutan. Kalau berkelanjutan khan jadi repot. Gak jadi cari ilmu dengan tenang khan...So, temukan keasyikan hidup dilingkungan pondok pesantren dan nikmatilah. Pasti banyak lah. Dijamin hidup kamu akan lebih asyik. Iya khan??!

2. Langkah Antisipatif  Santri Terhadap Peng-Ghosob-an Sandal

Kumpulan Meme Santri
Langkah antisipatif ala santri dalam menghadapi peng-ghosob-an sandal
(picture by Ala Santri)
Dalam beberapa hal, kehebatan para santri dalam mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan memang tidak bisa dianggap remeh. Contohnya dalam hal antisipasi terhadap perilaku peng-ghosob-an sandal ketika jum'atan atau kegiatan lainnya. Bagi Anda yang belum tahu dengan apa itu "ghosob", maka bisa penulis jelaskan secara sederhana disini bahwa ghosob=memakai barang orang lain dengan tanpa izin. 

Bagi santri, selain kitabnya, sandal adalah aset berharga yang perlu dijaga. Jangan sampai rusak apalagi hilang. Nah, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada "aset berharga" itu, maka muncullah ide-ide kreatif ala santri. Termasuk yang Anda lihat pada gambar diatas. Sandal bisa juga memuat pesan-pesan khusus semisal: "Mas.. Ingat Dosa! Ingat Dosa!". Tentu tujuannya agar si peng-ghosob sandal bisa membaca pesan tersebut lalu sadar akan dosa dan tidak berani meng-nggosob sandal tersebut. Karena meng-ghosob sandal adalah perbuatan dosa.  Hehehe....

Namun, parahnya bila sudah menerapkan langkah antisipatif seperti gambar meme diatas namun gejala peng-ghosob-an masih berlanjut dan dirasa masih belum aman sepenuhnya, maka inilah langkah selanjutnya...

Kumpulan Meme Santri
Mau jum'atan. Sendal sudah aman? Digembok aja!
(picture by Ala Santri)

 3. Resep Wajah Awet Muda/Manis Ala Santri

Kumpulan Meme Santri
Resep Awet Muda dan Awet Berwajah Manis Ala Santri
(picture by Anonymous)
Diluar sana banyak obat yang dijual dengan menawarkan khasiat agar wajah tetap awet muda, tetap cantik, tetap langsing dan tetap-tetap yang lainnya. Namun lain ceritanya bila kita membahas cara para santri dalam mempertahankan wajah muda dan manisnya (lihat gambar diatas). Resepnya tidak aneh-aneh. Yakni setiap hari bertemu dengan kitab dan menelaahnya. Dengan demikianlah para santri akan tetap hidup fikirannya untuk menelaah ilmu dan mempertahankan manisnya wajah karena selalu digunakan untuk melihat kitab dan cahaya ilmu. Bagaimana dengan Anda?

4. Potret Kebersamaan Para Santri

Kumpulan Meme Santri
Potret kebersamaan para santri
(picture by Anonymous)
Apa yang terlintas dibenak Anda ketika pertama kali melihat gambar diatas? Inilah cara santri mempertahankan nilai-nilai kebersamaan dan kedekatan silaturrohim antara satu dengan yang lainnya.

Dalam tradisi makan bersama inilah para santri terlihat sangat menikmati makanan dalam suasana kebersamaan yang sangat kental tanpa adanya rasa rikuh dan sungkan. Semuanya melebur menjadi satu dalam kebersamaan. Memang bagi sebagian orang cara makan seperti ini dianggap hal yang tidak biasa dan bahkan dianggap, maaf 'jorok'. Namun Anda perlu tahu bahwa dengan makan bersama seperti inilah dapat bermakna pula menjaga nilai-nilai kebersamaan dan kedekatan emosional diantara para santri. Suasana kekeluargaan dapat terus tumbuh seiring dengan kebersamaan semacam ini. Maka lihatlah substansinya yang luar biasa tersebut. Kebersamaan, kekeluargaan, kerukunan dan lain-lain. Luar biasa. 

5. Kenikmatan Tidur Ala Santri

Kumpulan Meme Santri
Ah... nikmatnya....
(picture by Anonymous)
Nah, kalau yang satu ini adalah sisi lain dari keunikan santri. Dikala banyak orang yang mengalami keluhan sulit tidur (insomnia) atau apalah itu namanya, dikalangan para santri hal itu seakan tidak berlaku. Karena bagi santri 'ritual' tidur bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk seperti yang Anda lihat dalam gambar diatas. Sungguh nikmat. Ada pula yang begini..
Kumpulan Meme Santri
Beban ngantuk terasa amat berat
(picture by Anonymous)
Karena saking tidak kuatnya menahan beban kantuk yang teramat berat, santri ini akhirnya memilih gaya tidur membungkuk seperti yang terlihat pada gambar diatas. Wow..

Namun tunggu dulu. Ada yang lebih ekstrem lagi lho. Coba perhatikan gambar dibawah ini!

Kumpulan Meme Santri
Tidur Ahh...yang penting mah enjoy...
(picture by Ala Santri)
Itu sich masih belum apa-apa. Ada lagi lho tingkah yang tidak kalah ekstrim lagi. Coba lihat gambar yang ada dibawah ini
Kumpulan Meme Santri
Tidur dulu sembari nunggu antrian
(picture by Ala Santri)

6. Cerita Cinta Ala Santri


Kumpulan Meme Santri
Aku mah gampang Mas...Beresin dulu hafalannya
(picture by Anonymous)
Bila Anda seorang santri yang pernah mengalami jatuh cinta terhadap teman santri lainnya mungkin gambar diatas membuat Anda tersenyum-senyum sendiri. Karena kisah-kisah seperti yang tergambar didalam meme diatas adalah warna tersendiri dalam proses mencari ilmu di pondok. Ingat dulu hafalannya! Masalah yang 'lainnya' mah gampang lah. Hehehe. 

Memang pernak-pernik kisah santri selama mondok sangatlah beragam. Berbagai kisah menarik nan unik mengiringi proses perjalanan para santri dalam mencari ilmu. Namun, ada  sebuah prinsip yang sangat masyhur dikalagan santri: "kalau sudah pintar dan banyak ilmu maka tidak usah khawatir lagi dengan masalah jodoh".  Sangat klasik.

Lihat aja gambar dibawah ini.
Kumpulan Meme Santri
Ada yang mau ngimamin kita??
(picture by Anonymous)
Jadi, untuk para santri selama mondok harus tetap fokus lho ya. Yakinlah dan jangan khawatir. Bila kalian banyak ilmu dan pintar maka banyak yang ngantri kok untuk 'diimamin'. 


7. Nilai Kerjasama dengan Tradisi Ro'an

Bagi anak-anak pondok, kebersamaan itu sangatlah dijaga. Demikian pula rasa solidaritas dalam kerjasama. Contoh dari pengaplikasian hal tersebut adalah dengan tradisi "roan". Apa itu? Yakni kerja bakti bareng-bareng untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada semacam membersihkan lingkungan pondok, mengepel masjid, ataupun pekerjaan-pekerjan lainnya. Bagi anak pondok pula, didalam kegiatan ro'an ini terdapat kebahagiaan. Bisa tertawa bersama, bercanda bersama, hingga capek bersama. Lihat saja gambar yang ini:

Kumpulan Meme Santri
Ada saja yang bikian bahagia. Roan bareng misalnya
(picture by Ala Santri)
Demikian pula, tradisi "roan" ini juga bisa bermakna kebahagiaan tersendiri bagi santri sekaligus suatu saat mungkin akan menjadi kenangan tak terlupakan yang akan terus dirindukan. Ah, indahnya.

Kumpulan Meme Santri
Suatu saat akan menjadi kenangan
(picture by Anonymous)
Nah, demikianlah tulisan tentang meme santri ini dibuat. Meme yang sebagian besar dibuat oleh para santri ini seakan menawarkan cerita khas tersendiri ala santri. Beberapa diantaranya ada yang bernilai hiburan, banyak pula pelajaran yang sebenarnya bisa diambil dari gambar-gambar meme seperti ini.

Melalui tulisan ini pula, saya mendukung penuh gerakan "Ayo Mondok!" yang sudah banyak disosialisasikan itu. Ini posternya:
Ayo Mondok
Bila dibandingkan dengan artikel-artikel lainnya, sampai saat ini belum begitu banyak artikel yang mengulik tentang fenomena-fenomena menarik yang ada dikalangan santri yang secara substansi terkadang bernilai amat penting. Mengingat saat ini kesederhanaan dan ketawadlu'an terkadang menjadi hal yang mulai sulit ditemukan di masyarakat kita seiring dengan perkembangan yang ada.

Tentu masih banyak sisi-sisi kehidupan para santri yang menarik untuk diamati selain yang ada dalam gambar dan tulisan ini. Ini adalah sebagian kecil dari yang banyak itu. Akhirnya, saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman dan segenap pihak yang menjadi bagian dari tulisan ini (Ala Santri, dll). Mohon maaf bila ada redaksi kalimat yang kurang berkenan dihati. Mari kita bersama sosialisasikan gerakan-gerakan positif ala santri untuk Indonesia kita tercinta yang lebih bermakna.

#DariSantriUntukIndonesia #DariSantriUntukNegeri #AyoMondok #PesantrenkuKeren

*) Artikel ini saya buat juga dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Semoga bermanfaat.